Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala Desa (Sertijab Kades)

DAFTAR ISI:

  • Apa itu Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala Desa?
  • Jenis-Jenis Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala Desa
  • Contoh Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala Desa kepada Pj Kepala Desa
  • Contoh Berita Acara Serah Terima Jabatan Pj Kepala Desa kepada Kepala Desa Terpilih

Apa itu Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala Desa?


Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala Desa
 adalah dokumen berita acara penyerahterimaan jabatan, dari Kepala Desa kepada Pejabat (Pj) Sementara Kepala Desa atau dari Pj Kepala Desa kepada Kepala Desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa. 


Tahukah Anda jenis-jenis berita acara sertijab Kepala Desa ini? Apakah Anda juga mencari contoh format-nya? Ikuti ulasan selanjutnya dari Kami berikut ini.

Jenis-Jenis Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala Desa

Berangkat dari definisi diatas, terdapat 2 jenis berita acara sertijab Kades ini, diantaranya:
  1. Berita acara serah terima jabatan dari Kepala Desa kepada Pj Kepala Desa; dan
  2. Berita acara serah terima jabatan dari Pj Kepala Desa kepada Kepala Desa terpilih

1. Berita Acara Serah Terima Jabatan dari Kepala Desa kepada Pj Kepala Desa


    Berita Acara Serah Terima Jabatan dari Kepala Desa kepada Pj Kepala Desa ditandatangani bersamaan dengan penyerahan naskah memori serah terima jabatan Kepala Desa yang berakhir masa jabatannya kepada Pejabat (Pj) sementara Kepala Desa. 

    Cek juga: LPPD Akhir Tahun Anggaran dan LPPD Akhir Masa Jabatan
    Dan bagi Anda yang bertanya, "apa yang dilakukan Pejabat (PJ) Kepala Desa setelah menerima jabatan kades" ini? Pertanyaan ini akan Kami jawab secara terpisah pada artikel berikutnya. Oleh karena itu, saran Kami, silahkan Anda "SUBSCRIBE" atau "LANGGANAN GRATIS" Blog ini, untuk Anda yang belum. Untuk apa? Agar Anda tidak ketinggalan info-info terbaru berikutnya dari Kami

    2. Berita Acara Serah Terima Jabatan dari Pj Kepala Desa kepada Kepala Desa Terpilih


    Berita Acara Serah Terima Jabatan dari Pj Kepala Desa kepada Kepala Desa terpilih digunakan dalam proses serah terima jabatan yang dilaksanakan setelah pelantikan Calon Kepala Desa terpilih. Dengan kata lain, serah terima jabatan ini dilaksanakan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan bersamaan dengan penyerahan naskah memori serah terima jabatan Kades. 

    Sebagaimana tertuang dalam Permendagri Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa, pada Pasal 5 ayat 1, 2 dan 3 berbunyi:
    Serah terima jabatan dilakukan setelah pelantikan Calon Kepala Desa terpilih. (Ayat 1)

    Serah terima jabatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan(Ayat 2)

    Penandatanganan berita acara serah terima jabatan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilaksanakan pada Acara pengambilan sumpah/janji dan pelantikan Calon Kepala Desa terpilih setelah penyematan tanda jabatan bersamaan dengan menyerahkan memori serah terima jabatan. (Ayat 3)
    Cek juga: Memori Serah Terima Jabatan Kepala Desa dan Contoh-Nya
    Ketika Kepala Desa yang baru terpilih dan secara resmi menerima jabatan sebagai seorang Kepala Desa. Pertanyaannya adalah "apa yang terlebih dahulu dan terpenting dilakukan oleh Kepala Desa baru setelah Ia menerima jabatan" ini? Terkait pertanyaan ini akan Kami jawab secara terpisah pada artikel berikutnya. Oleh karena itu, saran Kami, silahkan Anda "SUBSCRIBE" atau "LANGGANAN GRATIS" Blog ini, untuk Anda yang belum. Untuk apa? Agar Anda tidak ketinggalan info-info terbaru berikutnya dari Kami

    Contoh Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala Desa kepada Pj Kepala Desa

    Berikut ini contoh format terbaru berita acara serah terima jabatan dari Kepala Desa kepada Pj Kepala Desa:

    0 Response to "Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala Desa (Sertijab Kades)"

    Post a Comment